Blog

Apa Itu BPJS dan Bagaimana Cara Cek Tagihannya?

Banyak layanan kesehatan yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat salah satunya yaitu BPJS Kesehatan. Layanan BPJS Kesehatan ini merupakan sebuah kepanjangan dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan. Layanan kesehatan ini mulai ada sejak 1 Januari 2014 dan sejak saat itu layanan BPJS Kesehatan ini menjadi banyak pilihan masyarakat. Hal tersebut bisa kalian lihat dengan banyaknya kantor cabang BPJS.

Layanan BPJS Kesehatan Cukup Populer

Salah satu alasan kenapa layanan ini menjadi pilihan  banyak orang tentu saja karena biaya yang harus dibayarkan cukup terjangkau bila dibandingkan dengan asuransi kesehatan. Terlebih lagi layanan ini merupakan layanan yang berasal dari pemerintah sehingga masyarakat lebih percaya. Layanan ini juga bisa dikatakan tergolong mudah untuk diakses. Hal ini karena pemerintah selaku penjamin terselenggaranya program ini mengupayakan agar masyarakat bisa mendapatkan layanan terjangkau serta lebih cepat. Hal ini termasuk ke dalam berbagai macam prosedur serta ketentuan dalam mengakses layanan kesehatan.

Agar dapat menggunakan layanan ini pastikan terlebih dahulu jika kalian sudah menjadi anggota dari BPJS Kesehatan. Jika kalian berminat untuk bergabung menjadi anggota BPJS Kesehatan maka kalian bisa mendaftar terlebih dahulu. Nantinya setelah kalian menjadi anggota maka kalian memiliki kewajiban untuk membayar iuran pada setiap bulannya. Besarnya jumlah iuran yang harus kalian bayarkan tergantung dari jenis layanan. Semakin bagus jenis layanan yang kalian pilih tentu saja akan semakin besar pula jumlah iuran yang harus kalian bayarkan.

Cara Mengetahui Jumlah Tagihan

Bila kalian sudah terdaftar menjadi anggota dan kalian ingin kemudahan dalam mengetahui jumlah iuran yang harus kalian bayarkan maka jangan khawatir. Berikut ini adalah beberapa cara mudah yang bisa kalian lakukan untuk mengetahui besarnya jumlah tagihan BPJS Kesehatan yang harus kalian bayarkan.

  1. Melalui Website Resmi

Cara pertama yang bisa kalian lakukan yaitu melakukan pengecekan pada situs resmi milik BPJS Kesehatan. Tentunya ketika kalian masuk ke dalam website tersebut akan tersedia berbagai macam pilihan menu dan untuk mempermudah kalian dalam melakukan pengecekan melalui situs ini berikut adalah caranya

  • Ketika masuk ke dalam halaman utama maka pada bagian kiri kalian klik “Cek Iuran BPJS Kesehatan”.
  • Setelah itu kalian diminta untuk memasukkan nomor kartu serta tanggal lahir yang sudah kalian daftarkan sebagai anggota BPJS Kesehatan. Setelah itu kalian diminta untuk melakukan validasi dengan mengisi angka yang sudah tertera disana dan kemudian cek.
  • Nantinya akan muncul informasi mengenai iuran yang sudah kalian bayarkan serta tagihan yang belum kalian bayar.
  1. SMS Gateway

Cara lain yang bisa kalian lakukan yaitu dengan memanfaatkan SMS Gateway. Cara ini sangat bisa kalian manfaatkan terutama jika kalian sedang tidak terhubung dengan layanan internet. Jadi dengan pengecekan ini kalian tetap bisa mengetahui jumlah tagihan yang harus dibayarkan. Nomor yang bisa kalian akses yaitu 08777 5500 400 dimana kalian bisa mengirimkan SMS ke nomor tersebut. Dengan memanfaatkan layanan ini kalian bisa mengetahui informasi mengenai tagihan yang harus dibayarkan beserta dengan dendanya. Jumlah denda ini akan otomatis muncul terutama jika kalian melakukan penunggakan. Maka dari itu agar kalian bisa terhindar dari denda sebaiknya bayar tagihan tepat waktu. Membayar denda tentu akan sedikit membebani kalian bukan. Untuk format yang bisa kalian kirim untuk melakukan SMS ini yaitu Tagihan (spasi) Nomor Kartu BPJS Kesehatan.

  1. Aplikasi JKN

Bagi kalian pengguna smartphone sepertinya penggunaan aplikasi akan lebih mudah dilakukan untuk melakukan pengecekan tagihan dari BPJS Kesehatan tadi. Salah satu aplikasi yang bisa kalian manfaatkan yaitu mobile JKN. Aplikasi ini bisa kalian dapatkan di Play Store maupun App Store. Berikut ini adalah cara penggunaan dari aplikasi tersebut.

  • Install aplikasi terlebih dahulu, setelah aplikasi terinstal maka kalian bisa langsung membukannya
  • Kemudian lakukan registrasi dan ikuti langkah-langkahnya
  • Setelah kalian melakukan registrasi langkah selanjutnya yaitu kalian masuk ke dalam aplikasi dan pilih menu ‘Tagihan” kemudian pilih “Premi”.
  • Setelah itu kalian akan mendapatkan informasi mengenai tagihan serta informasi pembayaran dari iuran yang harus dibayarkan.
  1. Cara Lainnya

Selain ketiga cara diatas ada beberapa cara lain yang bisa kalian lakukan untuk mengetahui besaran tagihan yang harus dibayarkan. Cara lainnya yaitu melalui Care Center yang bisa dihubungi melalui nomor 1500 400. Untuk layanan lainnya seperti Mobile Customer Service (MCS) serta melalui Mal Pelayanan Publik (MPP). Untuk sementara layanan MPP ini hanya bisa dinikmati di beberapa kota saja seperti DKI Jakarta, Batam, Bekasi, Banyuwangi serta Denpasar.

Cara Melakukan Pembayaran Tagihan

Setelah kalian mengetahui besaran tagihan yang harus kalian bayarkan beserta dengan dendanya (jika ada). Maka langkah selanjutnya adalah melakukan pembayaran dari tagihan tersebut, bagi kalian yang memiliki denda sebaiknya jangan tunda lagi melakukan pembayaran karena akan semakin memperbesar tagihan nantinya.

Beberapa cara tersebut seperti datang langsung ke kantornya, namun cara ini agak sedikit memakan waktu karena kalian harus mengantre dengan yang lainnya. Sehingga bagi kalian yang tidak memiliki banyak waktu sebaiknya jangan menggunakan cara ini. Untuk cara lainnya yang lebih praktis kalian bisa menggunakan ATM, membayar di minimarket ataupun pergi ke loket multitagihan.

Jadi itulah beberapa cara mengetahui tagihan BPJS Kesehatan beserta dengan cara membayarnya. Bila kalian sering menggunakan jasa ini sebaiknya ingat untuk selalu membayar tagihan tepat waktu. Hal ini karena banyak kejadian orang-orang yang berobat menggunakan BPJS Kesehatan namun ketika sudah sembuh tidak mau membayar iuran lagi dengan berbagai macam alasan. Sebaiknya kalian jangan egois dan selalu ingat ketika kalian memutuskan untuk bergabung menjadi anggota BPJS Kesehatan kalian sudah harus siap dengan berbagai macan aturan yang ada.

Share