Blog

Tips Hemat Bayar Tagihan Listrik

Kebutuhan dalam kehidupan sangat banyak, terlebih lagi jika sudah memiliki keluarga. Dimana selain kebutuhan sehari-hari, ada kebutuhan yang tidak mungkin bisa diabaikan. Contohnya adalah membayar pajak dan membayar berbagai macam tagihan seperti tagihan listrik dan tagihan air. Tagihan listrik dan tagihan air adalah tagihan yang wajib sekali diperhatikan. Karena jika kita tidak memperhatikan tentang tagihan air dan tagihan air maka bisa dicabut atau dimatikan dari pusatnya.

Perusahaan Negara yang Membantu Kehidupan

Dalam hidup ini listrik sangat membatu kita. Tanpa adanya listrik maka menjalankan kehidupan akan susah seperti dahulu. Dimana pada zaman dulu belajar hanya menggunakan lilin saja, dan pada saat malam hari akan terasa sangat gelap. Begitu pun dengan air. Air dan listrik adalah hal yang penting dalam kehidupan. Dimana tanpa air kita juga tidak bisa mencuci, mandi dan tidak bisa minum.

Perkembangan zaman yang semakin maju, listrik pun bisa ada di setiap desa. Dan untuk air pun, masyarakat bisa menggunakan air bersih kapan pun. PLN atau Perusahaan Listrik Negara merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang mengurusi semua permasalahan listrik di Indonesia. Nah PLN ini membantu kita untuk mendapatkan listrik. PLN juga yang menyalurkan listrik ke setiap penjuru kota bahkan desa.

Untuk masalah air ada PDAM atau Perusahaan Daerah Air Minum. PDAM adalah usaha milik daerah yang mengatur dalam pendistribusian air bersih untuk seluruh masyarakat umum. PDAM ini berada di setiap provinsi, kabupaten, dan juga kota madya. PDAM dan PLN adalah bukti nyata perusahaan yang membantu kehidupan masyarakat umum.

Kewajiban Membayar Tagihan Listrik dan Tagihan Air

PDAM dan PLN adalah perusahaan yang membantu masyarakat luas, namun perusahaan ini tidak gratis. Dimana artinya kita harus membayar tagihan setiap bulannya. Membayar sebuah tagihan merupakan sebuah kewajiban yang harus dilakukan oleh masyarakat umum yang menggunakan PLN dan juga PDAM. Karena kedua perusahaan tersebut milik Negara, maka sebagai warga Negara yang baik haruslah membayar tagihan listrik dan air tepat waktu.

Masyarakat Indonesia sangat diharapkan untuk selalu mengingat tagihan pembayaran listrik. Karena apabila telat membayar sebuah tagihan, maka sudah bisa dipastikan bahwa aliran listrik yang ada di rumah Anda akan diputus. Dan bagaimana hal itu terjadi? Maka pastinya hidup Anda tanpa listrik akan susah, mengingat hampir semua alat elektronik menggunakan listrik, seperti mesin cuci.

Tak hanya itu, apabila Anda memasang Wifi di rumah, maka mau tidak mau ketika listrik diputus oleh pusat, Wifi akan mati. Dan ketika listrik tidak ada maka Anda pastinya akan kesusahan untuk mencharger handphone atau bahkan laptop. Memang sesusah itu hidup tanpa adanya listrik. Oleh karena itu, akan lebih baik membayar tagihan listrik di awal bulan, agar tidak di kejar-kejar oleh tagihan.

Hal itu berlaku juga terhadap tagihan air. Membayar semua tagihan memang seharusnya tepat waktu dan akan lebih baik lagi apabila membayarnya di awal bulan. Dengan membayar semua tagihan di awal bulan, maka kita akan merasa cukup aman karena tidak dikejar-kejar oleh berbagai macam tagihan di akhir bulan nanti.

Tips Membayar Tagihan dengan Hemat

Nah bicara tentang tagihan, pastinya setiap bulannya kita membayar tagihan dengan nominal yang sama atau bahkan lebih mahal. Kok bisa mahal? Kenapa mahal? Nah di artikel ini akan membahas hal bermanfaat tentang bagaimana membayar tagihan dengan hemat.

  1. Atur Pemakaian Elektronik yang Menggunakan Banyak Listrik

Seperti yang kita ketahui bahwa semua elektronik menggunakan listrik. Namun tidak semua elektronik memakan listrik yang banyak. Salah satu elektronik yang memakan banyak listrik adalah AC. Nah untuk Anda yang menggunakan AC bisa meminimalisir pemakaian AC.

  1. Menggunakan Lampu LED

Untuk lampu disarankan lebih baik menggunakan lampu LED. Karena lampu LED lebih hemat dan juga memiliki daya listrik yang rendah. Lampu LED sangat disarankan karena lampu LED 7 watt itu setara dengan bohlam 60 watt.

  1. Matikan Lampu yang Tidak Terpakai

Nah ini juga hal yang sering kita abaikan. Terkadang kita lupa untuk mematikan lampu yang tidak terpakai, dan lampu yang paling sering terabaikan adalah lampu kamar mandi. Padahal lampu ini akan sangat mempengaruhi banyak atau tidaknya tagihan listrik Anda. Meskipun Anda memakai lampu LED, namun apabila Anda menyalakan lampu seharian, maka tetap saja akan mahal tagihannya.

  1. Mencabut Charger

Ini juga adalah salah satu hal yang kita suka lupa. Mencabut charger yang sudah terpakai ternyata mempengaruhi berapa banyak jumlah tagihan Anda. Oleh karena itu jika sudah selesai menggunakan charger entah itu charger laptop atau charger handphone, maka sebaiknya dicabut dari stop kontak.

  1. Matikan Air

Untuk menghemat lebih mudah dibandingkan dengan menghemat listrik. Yang paling penting dari cara untuk menghemat tagihan air yaitu dengan tidak lupa mematikan air ketika sudah menggunakannya. Ketika sudah mandi, mencuci janganlah lupa untuk mematikan air hingga benar-benar mati. Karena apabila masih keluar walau sedikit, tetap akan dihitung.

  1. Ajak Keluarga untuk Berhemat

Jika dalam satu rumah tinggal beberapa orang, maka akan bohong apabila yang menghemat hanya satu orang saja. Maka dari itu, untuk mengurangi tagihan listrik ajak seluruh anggota keluarga untuk menghemat listrik. Diawali dengan tidak lupa mematikan lampu yang tidak terpakai dan melepas charger yang sudah digunakan.

Share